Panduan bermain TRAVIAN

Diposting oleh dedy kurniawan | 02.47 | , , | 11 komentar »

Hehehe... lagi - lagi saya kembali mengulas game browser Travian nich..
kali ini panduan untuk berbagai suku yang ada di TRAVIAN.

ROMAWI adalah bangsa yang memiliki kekuatan besar di bidang infanteri dan pertahanan (lihat aja bonus tembok dan kekuatan praetorian). Sedangkan kuda dan pedagang mereka kurang kuat. Romawi juga cukup lambat, terutama praetorian.

Legioner:
Pasukan basic romawi, dan memiliki def cavalry terbaik untuk bangsanya.

Praetorian:
Pasukan anti infanteri terbaik di dunia travian (diluar pasukan alam dan natar)

Imperian:
Infanteri dgn attack terbesar(diluar pasukan alam dan natar)


E. Imperatoris (EI)
Cavalry spesialis raid, tetapi agak mahal dan attack kurang memadai untuk jadi pasukan utama

E. Caesaris (EC)
Cavalry penyerang, mahal dan makan banyak gandum. Sangat cocok dijadikan ksatria karena konsumsi gandum sama dg ksatria lain, tetapi mempunyai max attack dan infantri def terbaik. Kecepatannya juga lumayan.

Pasukan romawi butuh banyak besi.
---------------------------------------
Sebagai pemain romawi, sebaiknya siap mental dulu, karena di awal2 sering menjadi target raid teuton. Namun apabila kalian dapat bertahan cukup lama, habislah teuton (serius...)

Sebaiknya anda mengikuti questmaster di awal game, baru mulai raid. Utamakan desa2 yg tidak berpasukan, karena mati 1 legioner di awal = menunda perkembangan beberapa jam (harga 1 legioner bisa sama dgn produksi 3 jam). Kalau diserang, jgn di def, tapi cranny secukupnya. Nanti baru buat praetorian. Selama pasukan belum cukup, serangan cukup di dodge.

Desa kedua dapat dibuat apabila produksi sda per jam mencapai 250-350. Kalau raid dapat banyak bisa dikurangi.

Saran techtree desa utama:
Kalau menyerang terus:
Legioner -> raid -> kejar imperian dan EI -> desa kedua

kalau diserang:
Legioner -> cranny -> praetorian

Selanjutnya saya serahkan pada anda.
-----------------------------------------------
Saran saya untuk model desa:

Ibukota riset Imperian,EL/Legati , EI dan EC, catapult dan ram + senator kalo kuat. Praetorian boleh di riset untuk sedikit pertahanan di awal.Terserah desa keberapa, yg penting strategis(oasis lumayan, tetangga bersahabat utk jadi teman ato diraid).
Isi bangunan yg sangat mendukung serangan (titik temu 20, pusat kebugaran, dll). Sebisa mungkin 9c ato 15c

Pasukan ideal menurut saya max 1 EC tiap 5 imperian dan min 1 EC tiap 7 imperian. Ditambah beberapa puluh EI utk raid(ya boleh beberapa ratus). Sebenarnya tanpa EC romawi bisa menyerang dgn kuat. Imperian sangat kuat.

Model desa defense: mungkin desa kedua, dan cukup desa 6 ladang. Sebisa mungkin dekat ibukota
Bangunan yg perlu: Kastil, barak, pandai besi, dan bangunan2 sda(tambang, gudang, lumbung), mungkin balai desa dan pusat kebugaran(utk support kalo jauh).

Disini buatlah praetorian dan legioner 1:1(kalo perlu sampe gandum 0/jam), upgrade pandai besi sampai max. Manfaatnya hanya utk bantuan defense.

Model desa offense: Mirip ibukota, tetapi mungkin ditambah balai desa, barak dan istal besar..

Sumber : forum travian ( thx to master Sho)



Pasukan Galia
PHALANX
troops spesialisasi deffend, dsarankan jgn dipake untuk menyerang karena offensenya kecil..
bagus bwat def dari pasukan infantry maupun kuda2
[saran saya utamakan riset perisai daripada riset senjata

SWORDSMAN
troops spesialis serang tapi punya pertahanan yang lumayan, serangannya lumayan nich..
[klo ini sich utamakan riset snjata trus perisai nya

THEUTATES THUUNDERS
kalau ini paling enak buat ngeraid, selain cepet bawaannya juga banyak, seranganya juga lumayaa besar
[jadi perlu riset senjata nich]

HAEDUAN
klo ini troops mahal dan boros gandum, tapi serangan dan pertahanan bagus lah..
[senjata dn perisai]

DRUIDRIDERS
ini troops deffend yng punya nilai defend terhadap infantry, klo diserang infantry banyak, deffendnya gunakan ini ni..liat aja sendiri deffend terhadap infantry nya berapa..
klo gw ini bner2 d latih wat jaga rumah, d pke nyerang ato raid juga tidak terlalu berguna
[perisai prioritas utama nya]

model desa
desa 1: riset semua unit di awal2, tapi ketika desa kedua jadi, tinggalkan produksi phalanx dan druidrider, fokus di offensive unit dan sedikit cata(20 cukup) dan ram

desa 2: ini cukup phalanx dan druid aja, kalo bisa deket desa 1. <--- kecuali mo jadi ibukota, tuker fungsi dg desa 1

desa 3: full offense lagi.

desa 4: tergantung kebutuhan

Kalo desa ibukota disarankan full offense, entah itu desa 1 2 atau 3. Kalo bisa pasukan offense di desa 9 ladang ato 15 ladang. dst..

Untuk defense, 2 phalanx tiap 1 druidrider (195 def infantri dan 155 defend cavelery tiap 3 gandum) adalah pilihan yg bagus, tetapi full phalanx juga cukup ok dan murah. (120 def infantri dan 150 def cav).

Untuk offense, saya pikir perbandingan 4:1 utk swordsman dan haeduan atau 3:1 utk swordsman dan TT cukup ideal. 5:1:2 juga sering digunakan desa2 besar (swords:TT:haed)

sumber : sepatu butut dan master sho (thx atas informasinya)

Pasukan Teuton

Clubswinger: Unit basic teuton yg menakutkan sebagai attacker early game dan perampok karena speed, dan attack yg memadai dan daya angkutnya yg besar. Unit ini juga dapat dijadikan pengisi perangkap musuh. Sebelum serang normal galia, kirim setidaknya 50-200 clubswinger dgn serangan raid(tergantung pop musuh. Kira2 aja brp trap dia). Sebelum clubswinger sampai, pastikan pasukan utamamu sudah dikirim dan akan sampai beberapa detik sesudah clubswinger mengisi perangkap.

Spearman: Unit defense anti cav terbaik di dunia travian (selain natar dan alam juga). Mudah dibantai infanteri. Axeman: Infantri penyerang utama teuton. Kurang bagus, karena speed dan attack dibawah imperian, tetapi harga yg murah membuat seimbang.

Paladin: Sebagai raider, dia cukup mengagumkan karena daya angkutnya, tetapi status lain (attack, defense dan speed) kurang bagus. Berfungsi sebagai anti infanteri teuton, tetapi kualitasnya tidak begitu bagus.

Teutonic Knight: Satu-satunya cavalry penyerang teuton. Daya angkut cukup baik, speed kurang, defense kurang, tetapi harga dan serangannya sangat baik.

***PERINGATAN: TIPS DISINI LEBIH BAIK BAGI PLAYER AKTIF***

Bagi pemain teuton disarankan daftar 3 hari setelah server mulai. Langsung buat barak dan 2 clubswinger (cuekin questmaster), dan raid kiri kanan(terutama romawi dan teuton). Semoga aja ga ada teuton yg lebih kuat. Hasil rampokan dipakai buat clubswinger lagi, naikan ladang sesuai kebutuhan. Setelah ada 10-14 clubswinger yg bisa merampok dgn baik, baru ikuti questmaster sambil membuat beberapa clubswinger sesuai kebutuhan. Apabila diserang, cukup didodge/counter, SDA dihabiskan dalam bentuk pasukan/bangunan. Usahakan jgn membuat cranny sama sekali.

Setelah itu kamu sebaiknya memburu desa kedua atau paladin. Axeman dan spearman diriset belakangan, karena paladin ada manfaat def inf dan raider, sedangkan spearman dan axeman belum begitu berguna diawal2, kecuali kamu diserang oleh galia yg rusuh dan pakai TT. TT dilawan dengan spearman saja. Apabila kamu mau membunuh pasukan musuh, clubswinger lebih irit dari axeman.

Selanjutnya, saya serahkan pada anda!

Panduan bagi teuton yg kurang aktif: Mirip, tetapi pertumbuhan anda pasti akan lebih lambat dari yg aktif. Saya sarankan untuk tidak terlalu banyak clubswinger, tapi kembangkan desa anda. Jadi setengah sim city. (model romawi raid). Saya menggunakan strategi ini tetapi cukup berhasil. Jelas tidak seberhasil teuton-teuton lain, tetapi ya lumayan buat yg kurang aktif. Tambahan: rajin berdoa supaya gak diserang. Teuton model ini mungkin perlu cranny.

Model desa: Desa pertama riset semua, lalu produksi disesuaikan dgn tujuan (menyerang/bertahan)

Desa menyerang(termasuk ibukota): tidak riset paladin dan spearman

Desa defense: tidak perlu cata, ram, axeman dan TK. Didalam disarankan ada beberapa clubswinger untuk merebut oasis, karena hemat dan lebih kuat daripada paladin.

Perbandingan pasukan offense:

Di awal:

Pertengahan sampai akhir: Clubswinger utk raid, Axeman 3:1 TK sampai Axeman 5:1 TK Perbandingan defense:2 Paladin 3 spearman (anti infantri, lebih dianjurkan tapi mahal) atau 2 spearman 1 paladin. (murah tapi lemah melawan romawi yg bnyk imperian)

Sumber : forum travian ( thx to master sho )

Artikel Terkait



11 komentar

  1. aqalflash41 // 6 Januari 2010 pukul 21.58  

    Saya mau mengkritik dan ngasih saran nih, maaf yah kalau bertentangan:

    1. Pada artikel romawi, anda mengatakan, "...sedangkan kuda dan pedagang mereka kurang kuat...", apakah menurut anda EI kurang baik?? EI adalah raider yang hebat, kapasitas SDAnya hanya selisih 10 dengan Paladin, selain itu kecepatannya lebih baik dari paladin, dengan kecepatan dan daya angkut seperti ini, EI secara tidak langsung telah melampaui paladin, kemudian dalam persoalan atttack, EC adalah unit TERBAIK diantara semua bangsa, dan deffendnya dapat dibilang rata-rata, karena deff infantrinya sama dengan TK dan Haeduan, sedangkan deff cavalrynya lebih besar dari dari TK namun lebih kecil dari Haeduan, anda masih mau bilang pasukan berkuda romawi kurang kuat? bila dilihat dari segi attack, merekalah cavalry yang sesungguhnya, namun sayang harga yang mahal membuat orang lebih tertarik pada cavalry teuton. Oh ya, pedagang romawi sebenarnya menengah, kecepatan rata-rata dan daya angkut rata-rata, jadi dapat dikatakan lumayan.

    2. Mengenai tips teuton yang anda berikan, mengapa mendaftar 3 hari setelah server dimulai? menurut saya jika anda adalah teuton yang benar-benar "AKTIF", daftarlah pada saat-saat server dimulai, karena bila mendaftar 3 hari setelah server mulai, anda bisa ketinggalan dari teuton-teuton lainnya. Kemudian anda bilang langsung buat barak dan 2 clubswinger? raid kanan-kiri? berdasarkan kalkulasi saya, untuk membuat barak dan 2 clubswinger hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih, sementara masa perlindungan minimal 3 hari, apa yang akan anda serang?? oasis? dan bila anda membuat hanya membuat 2 clubswinger, SDA akan sisa banyak, bahkan berkemungkinan untuk luber.

    SARAN DARI SAYA UNTUK TEUTON RAIDER "AKTIF":

    Daftarlah pada hari pertama server mulai, kemudian klik questmaster dan pilihlah "Tidak melakukan petualangan", dengan tidak melakukan petualangan, anda akan mendapat suplly SDA tiap 10 jam, setelah memilih tidak melakukan petualangan, naikan 1 pemotongan kayu ke lvl. 1 dan 1 ladang ke lvl 1, cukup di situ, SDA yang tersisa segera pergunakan untuk membuat barak, cukup untuk hari pertama. Hari kedua, tunggulah hingga SDA "HAMPIR" memenuhi gudang, ketika gudang hampir penuh, gunakan seluruh SDA yang anda miliki untuk membuat clubswinger sebanyak-banyaknya. Hari ketiga, masa perlindungan habis, segeralah merampok, rampok desa romawi dan teuton, namun sebelumnya lihat populasi dan profil mereka, apabila, kelihatan berbahaya, sebaiknya cari yang lain.

    "JANGAN PERNAH AMBIL RESIKO PADA AWAL SERVER", jika ada yang menyerang anda, ungsikan pasukan dan buatlah clubswinger atau ladang, pastikan SDA anda tidak bersisa, hingga pasukan musuh tidak mendapat apa-apa, jangan pernah melawan musuh yang menyerangmu apabila kamu akan kehilangan 10 clubswinger ++, namun bila kira-kira hanya akan kekurangan 9 clubswinger ke bawah, habisi musuhmu, pada fase seminggu ini, fokuskan hanya pada 2 hal "Raid dan Clubswinger", gandum anda minus?? tingkatkan ladang yang sebelumnya ke tingkat 2 dan naikan 1 ladang baru ke tingkat 1, setelah itu, jangan pedulikan! teruslah buat clubswinger, setidaknya hingga gandum anda minus 80, jika sudah mencapai angka minus 80, mulailah berbenah, saatnya mengembalikan stabilitas desa, bangun ladang hingga gandummu hanya minus 10! jangan lupa terus raiding, dengan cara ini, saya bisa mendapatkan perbandingan Pop 1: 3 Troop, dengan kata lain, apabila pop anda 25, anda akan memiliki 75 clubswinger, setelah minggu pertama berakhir, segera incar riset paladin, namun sebelum riset paladin pastikan clubswingermu mencapai angka 125 ++, paladin telah diriset, lupakan membuat clubswinger, buatlah paladin, rampok terus dengan clubswinger dan paladin, setelah itu, targetkan desa ke 2, pastikan desa 2mu 9c atau 15c, di desa ke2 riset axemen dan jadikan desa ke2 pusat attack [ini telah saya buktikan sendiri dan 100% barhasil, hanya masalah keaktifan anda]

    salam, cacink_knight

  2. Anonim // 24 April 2010 pukul 22.26  

    Teuton itu daftar hari ke-3-5 bos..
    ente hari ke-3 baru raid..ha2..
    ane masih dalam perlindungan udah punya lebih 100 winger.. ingat gunakan masa perlindungan utk menghabisi musuh..
    aya2 wae..

  3. krozbonek // 28 Agustus 2010 pukul 20.27  

    waduh susah juga ya main teuton.
    aku lebih suka galia.

  4. Anonim // 8 Januari 2011 pukul 07.48  

    teuton mah daftar di hari ke 3 stelah server mulai
    soal'a dah pada ilang masa perlindungannya tuh

    klo main di speed buat barak cmn 1 jam lbih dikit ah

    Bangunan Utama lvl 2: 90 50 75 25 --14:30
    Titik temu: 110 160 90 70 --10:40
    Bangunan Utama lvl 3: 115 65 100 35 --17:50
    Barak: 210 140 260 120 --10:20
    clubswinger (2): 190 150 80 80 --10:00

    Total: 715 565 605 330 Waktu diperlukan adalah 63:20 menit
    tuh liad
    ntar tgl raid aja sampe bikin CS yang banyak

  5. kiki // 6 November 2011 pukul 10.20  

    produksi gandum ak mnus 2 dan tersisa 7 , gimana ngatasin ny??

  6. Anonim // 29 Januari 2012 pukul 01.52  

    kiki
    mati aja loe! delete sana account loe! bikin ulang...

  7. Anonim // 11 Mei 2012 pukul 15.28  

    Hahaha,,,, atas ane, jngan gitu om,, kasian. :D
    gw tetep dmen main romawi :P

  8. Anonim // 12 November 2012 pukul 02.25  

    cara bwt pasukan gimn sihhh?

  9. Anonim // 25 April 2014 pukul 18.51  

    bikin barak

  10. Jual Tas Kamera Murah // 20 Juli 2014 pukul 15.57  

    Kalau mau nyari Gajah bagaimana ya tanpa melhat satu-satu oasis..

  11. Chairul Imam // 2 Agustus 2014 pukul 02.42  

    Minta sarannya donk untuk pasukan galian. Pleasee maklum masih newbie kk

Posting Komentar